Twitter
LinkedIn
RSS
Facebook

10 Tips untuk Pekerja Mandiri untuk Tetap Terorganisir dan Produktif

About

I am a full Time Internet Marketer. I do enjoy all the money making online activities. I am interested in Neuro Linguistic Programming and Gardening in my spare time. Follow me on Twitter - @mramru

Jika Anda bekerja secara mandiri atau self employee, dan sering bekerja dari rumah, maka Anda biasanya akan merasa sulit untuk tetap terorganisir dan produktif. Ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, hal ini adalah dilihat sebagai permasalahan sederhana untuk berpindah ke dalam mode “bekerja” dan melakukan tugas rutin Anda setiap hari. Namun bekerja dari rumah memerlukan sedikit disiplin yang berbeda.

Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda tetap terorganisir dan produktif : :nerd

1. Jaga Kerapihan Tempat Kerja Anda

Jika Anda memiliki ruang kerja berantakan, maka Anda bisa merasa kurang termotivasi dan lebih stress. Sangat penting untuk memiliki tempat khusus hanya untuk bekerja dan untuk menjaga meja Anda bebas dari kekacauan. Hindari kapal pecah :D

2. Tetapkan Tujuan

Jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan setiap hari, maka Anda lebih mungkin untuk mencapainya. Daftar yang harus dikerjakan (to-do list) adalah suatu keharusan bagi pekerja mandiri seperti Anda. Anda juga seharusnya mempunyai “Daftar HARIAN yang harus dikerjakan” serta “Daftar MINGGUAN yang harus dikerjakan”

3. Menggerakkan Badan

Sangat sulit untuk tetap produktif jika Anda selalu merasa tegang dan tertekan. Menggerakkan badan atau olahraga kecil tidak hanya membantu Anda melepaskan penat pikiran dari pekerjaan Anda untuk sementara waktu, tetapi juga menjaga otak Anda dalam keadaan prima untuk membantu Anda menyelesaikan masalah-masalah penting yang muncul dalam pekerjaan Anda. Pada waktu Anda kembali ke meja Anda, Anda akan merasa segar dan siap untuk mengatasi apa pun.

4. Tetap Sibuk

Bahkan jika Anda tidak memiliki tugas saat ini, selalu ada sesuatu yang harus dilakukan. Anda bisa bekerja untuk meningkatkan lalu lintas (traffic) website Anda pada cara-cara baru untuk mempromosikan diri Anda. Sebagai orang yang bekerja mandiri, pekerjaan Anda tidak pernah selesai. Jika tidak, Anda akan menemukan diri Anda menonton televisi sepanjang hari.

5. Berjalan

Jika Anda mulai merasa kewalahan dengan pekerjaan Anda, jangan ragu untuk segera bangkit dan berjalan. Karena Anda sendiri adalah BOS-nya, Anda dapat memutuskan sendiri kapan Anda perlu istirahat, dan apakah Anda akan merasa lebih baik berjalan kaki atau menyeruput secangkir kopi. Anda akan jauh lebih produktif ketika Anda memutuskan untuk duduk kembali.

6. Perlakukan ia seperti layaknya Pekerjaan

Memperlakukan “pekerjaan” Anda seperti pekerjaan berarti Anda harus menyimpan jadwal yang ketat dan tepatilah. Ini mungkin terdengar lebih kaku daripada yang Anda inginkan, namun hal ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih produktif dalam jangka panjang.

7. Prioritaskan Kegiatan yang Menghasilkan

Ada begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan setiap hari, sehingga sangat penting untuk memprioritaskan hal terpenting. Pertama, Anda harus fokus pada kegiatan-kegiatan yang menghasilkan pendapatan paling menguntungkan bagi Anda, kemudian mengalihkan perhatian Anda pada kegiatan yang kurang menghasilkan, Anda harus berusaha untuk menghindari kegiatan yang tidak menghasilkan dan menguntungkan. Misalnya terlalu lama ber-facebook dan ber-twitter ria :malu

8. Simpanlah Catatan Harian

Dengan menjaga catatan harian, Anda akan dapat melacak di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda sehingga Anda tahu bidang-bidang yang Anda perlukan untuk memperbaiki diri Anda. Kebanyakan pekerja mandiri terlalu meremehkan jumlah waktu yang benar-benar mereka habiskan dalam kegiatan produktif, jadi ini akan membantu Anda melihat apakah hasil sesuai dengan tujuan Anda.

9. Batasi Waktu untuk Memeriksa Email

Memeriksa email Anda setiap 10 menit dapat menghancurkan produktivitas Anda. Hal ini dapat mengalihkan perhatian anda dari tugas-tugas yang seharusnya Anda lakukan, dan menempatkan Anda ke dalam “mode respon”. Idenya adalah menyisihkan 2 atau 3 kali setiap hari untuk memeriksa semua email Anda sekaligus.

10. Tempati Perabotan yang nyaman

Anda akan menghabiskan banyak waktu di meja Anda, jadi idenya adalah untuk menempatkan beberapa perabotan yang baik dan nyaman. Kursi yang baik adalah baik untuk punggung dan akan membantu Anda tetap sehat.

Tetap produktif dan terorganisir ketika Anda bekerja mandiri (self employee) adalah tugas berat dan tentu saja memerlukan disiplin diri. Jika Anda mengikuti beberapa tips di atas, maka Anda dapat menikmati prosesnya lebih mudah. :2thumbup

Ayo gan..kerja…kerjaaaa! :ngacir2


BACA TULISAN MENARIK LAINNYA :

Komentar:


2 Komentar di “10 Tips untuk Pekerja Mandiri untuk Tetap Terorganisir dan Produktif”

  1. [...] 10 Tips untuk Pekerja Mandiri untuk Tetap Terorganisir dan Produktif [...]

  2. [...] 10 Tips untuk Pekerja Mandiri untuk Tetap Terorganisir dan Produktif [...]

Beri Komentar

[+] kaskus emoticons nartzco