Twitter
LinkedIn
RSS
Facebook

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

About

I am a full Time Internet Marketer. I do enjoy all the money making online activities. I am interested in Neuro Linguistic Programming and Gardening in my spare time. Follow me on Twitter - @mramru

Investasi di Emas bisa dalam beberapa jenis atau media emas seperti emas batangan, koin emas, tabungan emas, sertifikat emas, reksadana dengan underlying perusahaan pertambangan emas, maupun sampai dengan membeli kontrak berjangka komoditi emas.

Dan memang, banyak orang saat ini merasa bila tidak pegang emas secara fisik maka belum mantap, dan kali ini saya ini akan coba mengulas mengenai investasi dalam emas batangan, koin emas, dan lainnya dan memiliki bentuk fisiknya. Mari kita lihat terlebih dahulu tentang kelebihannya.

Kelebihan Investasi Emas

Nilai emas cenderung stabil dari tahun ke tahun dan dianggap tidak terpengaruh oleh inflasi / zero inflation effect, dan sangat jarang harga emas turun, dan emas juga bisa digunakan untuk koleksi dan sebagai perhiasan.

Investasi dalam emas bagus juga sebagai cara untk mendiversifikasi harta. Anda bisa saja berinvestasi di saham, reksadana, properti, obligasi ORI atau yang lainnya dan investasi di emas bisa menjadi alternatif yang bagus, terlebih dalam kondisi tidak stabil, emas bisa sebagai alat untuk lindung nilai. Harga emas cenderung stabil juga dikarenakan komoditi emas di dunia tidak bisa bertambah.

Salah satu keuntungan lainnya adalah harga emas juga dipatok dalam US dollar, jadi bila terjadi peningkatan nilai US dollar, Anda bisa memperoleh dua keuntungan langsung yaitu dari kenaikan dollar dan juga kenaikan dari harga emas itu sendiri. Tapi kondisinya pun bisa sama, bila harga emas sedang turun. Tapi untuk jangka panjang harga emas cenderung stabil dan naik.

Bila dibandingkan dengan berinvestasi langsung di mata uang USD, emas lebih menguntungkan. Di Indonesia, money changer relatif rewel. Mereka menghargai murah mata uang keluaran lama atau mata uang yang terlipat. Belum lagi ada risiko nomer seri palsu. Akibatnya, menyimpan mata uang USD harus selalu diperbarui. Berbeda dengan emas yang bisa dibeli dan didiamkan saja beberapa lama.

Kekurangan Investasi Emas

Kekurangan investasi dalam emas adalah pada faktor penyimpanan (storage) dan perawatan (handling). Menyimpan emas dalam jumlah banyak relatif beresiko dan mahal.  Selain itu, apabila penyimpanan kurang baik, walau dibungkus protective cover, memungkinkan terjadinya oksidasi dan perubahan warna. Khususnya emas dalam bentuk koin, kalau jatuh, penyok, atau cuil, sulit untuk di-treatment ulang dan bisa mengurangi harga. Dalam investasi emas, Anda cenderung harus lebih hati-hati dan memperhatikan dalam hal perawatan dan penyimpanan.

Salah satu kekurangan lain adalah return-nya relatif stabil dan kalah menggairahkan bila dibandingkan saham atau properti. Juga, sangat tidak disarankan untuk berinvestasi emas hanya dalam jangka pendek (1 tahun atau kurang). Jadi, berdasar kelebihan dan kekurangan tersebut, menurut saya emas cenderung lebih tepat untuk lindung nilai (hedging) dari pada investasi.

Emas Produk Investasi yang Menangkal Inflasi

Menurut buku Kemilau Investasi Emas (karangan Mohammad Ihsan Palaloi,  Tita Agustini dan Rudi Kurniawan,  terbitan Scince Research Foundation) ada indikator-indikator penting dalam investasi di emas :

  1. Berdasarkan analisis yang dilakukan, selama ini harga emas selalu mengikuti naik turunnya mata uang dollar AS. Jika mata uang dollar AS naik terhadap rupiah maka harga emas juga cenderung meningkat.
  2. Meningkatnya inflasi akibat meningkatnya konsumsi masyarakat juga menyebabkan harga emas naik. Berapa pun tingkat inflasi emas akan mengiktinya. Bahkan sejarah membuktikan bahwa harga emas akan selalu lebih tinggi dari nilai inflasi.
  3. Dalam situasi perekonomian yang belum stabil dan tidak menggembirakan, maka investasi emas merupakan peluang bagi anda bukan hanya untuk menciptakan capital gain, tetapi untuk solusi mempertahankan nilai.

Jadi bagaimana menurut Anda?


BACA TULISAN MENARIK LAINNYA :

Komentar:


18 Komentar di “Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas”

  1. harto says:

    wow mantab juga niih kalo punya emas bisa di investasikan, hmmmmm…. kapan yaaa???

    Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ….Mohon maaf lahir dan batin…. :shakehand2

  2. solat jumat says:

    beli emas yang murah dimana mas?
    thanks

  3. kalo emas putih bagus ga?
    makasih

  4. Artikel yang sangat menarik, memberi informasi baru bagi saya, terima kasih

  5. wah, berarti kalo ekonomi Indoensia menguat dan rupiah menguat terhadap dollar berarti harga emas bakalan turun ya?

  6. aiman says:

    bagaiman dengan investasi emas diluar negeri??

    • Amru Sahmono says:

      dimana-mana investasi emas itu sama, kan harga emas berlaku universal, cuma tentang sistem gadainya saya kurang tau

  7. Luckman R says:

    The Bad news:
    Di Indonesia Emas cenderung naik memang tapi saat kita jual kembari ada nilai potongan loko dan ini sangat tidak fair jika harga emas melambung toko emas tidak mau membeli dengan harga tinggi, sebut saja perusahaan emas besar di kenjeran mereka tidak berani beli dengan harga pasar tapi ada potongan. Dan sebaliknya jika turun mereka juga. tentu saja mau membeli emas kita…

    Tapi Investasi emas sangat baik. Katanya 24 Karat Indonesia beda dengan 24 Karat umumnya sebab 24 karat Indonesia tidak setinggi 24 Karat Internasional. Tapi dinegara ini berlaku sama. Harga emas agak universal disini sebab tidak semua sama.

  8. wining says:

    ide bagus pak..investasi emas emang gak akan rugi malah setiap tahun nilainya semakin meningkat…

  9. wining says:

    Ide investasi yang bagus..coba kalo punya emas..bisa di investasiin..lagian nilai emas setiap tahun selalu naik

  10. Arifin Sanusi says:

    ada yang tertarik investasi emas gak ?
    saya tau tempat yang pling cocok nih…

  11. wondercorn says:

    Sekarang instrumen investasi bermacam-macam. Bahkan emas pun juga sudah ada jual beli versi online dan dapat diambil fisiknya.

  12. Nadia Elfira says:

    Aslm.
    PERUM Pegadaian adalah salah satu BUMN yang … [baca]memfasilitasi kepemilikan emas batangan melalui produk MULIA (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi), dimana PERUM Pegadaian menjual emas batangan bersertifikat internasional (PT. ANTAM) bisa dengan cara Cash ataupun Angsuran.
    Keunggulan Investasi Emas di PERUM Pegadaian yaitu angsuran TETAP sampai jangka waktu yang kita pilih, dengan harga/angsuran yang ditentukan sesuai dengan hari pemesanan. Jadi, jika sudah pesan emas di Pegadaian, perubahan harga emas tidak akan berpengaruh pada cicilan kita. Ya, angsuran TETAP dan Harga Bersaing serta transaksi sesuai Syariah itulah keunggulan produk MULIA Pegadaian.
    Informasi lebih lanjut hubungi Kantor Cabang Pegadaian terdekat.
    Email: http://www.pegadaian.co.id.
    Wassalam :)

  13. Dewi Widowati says:

    Setuju..dan makin saya baca artikel ini makin membuat saya yakin bahwa emas adalah investasi yang aman dalam situasi apapun…kecuali memang ribet dalam penyimpanan.Tks juga untuk Nadia Elfira atas infonya, saya jadi ingin tau lebih jauh. Tks.

  14. Ash says:

    Harga emas batangan bulan mei 2012 Rp. 480.000-530.000 dengan buyback Rp. 460.000.
    Jika beli yang 480rb (berarti 100gram minimal) atau 530rb (1 gram).

    Selisih harga 20rb-70rb.

    Menurut data harga emas kenaikan emas sebesar 20rb-50rb/tahun. Berarti untuk mendapatkan keuntungan kita harus menunggu 2 sampai 3 tahun.

    Investasi emas adalah investasi jangka panjang.

    Sekedar berbagi.

    Stay cool and stay beautiful

Beri Komentar

[+] kaskus emoticons nartzco