Twitter
LinkedIn
RSS
Facebook

Memilih Layanan Web Hosting yang Cocok untuk Anda

About

I am a full Time Internet Marketer. I do enjoy all the money making online activities. I am interested in Neuro Linguistic Programming and Gardening in my spare time. Follow me on Twitter - @mramru

Minggu ini saya benar-benar kewalahan dengan hosting IIX yang saya sewa di sebuah layanan hosting Indonesia, ditambah kesibukan dunia offline. Sebulan dua bulan berlalu memang kelihatannya layanan webhosting ini lancar-lancar saja. Memasuki bulan-bulan berikutnya, terjadi down tanpa pemberitahuan, dan paling parah ketika bulan Juni 2010 akibat “kernel failure”. Sampai-sampai pelanggan dijanjikan akan diberikan kompensasi atas kejadian ini, dan mereka akan “memberikan perpanjangan  waktu kepada seluruh paket hosting atau reseller hosting hingga 7 hari kedepan.”

Tapi sekitar bulan September akhir, semuanya sudah berakhir, layanan web hosting ini pun melarikan diri, tanpa pertanggung jawaban, Anda mungkin sudah tahu siapa pihak yang tidak bertanggung jawab dari screenshot di atas. Anda bisa lihat ceritanya di kaskus dan ada salah satu yang klarifikasi, tetap tetap saja tidak membantu. Saya pun cepat-cepat backup dan pindah. Males ribut-ribut, saya pun segera ambil alih keadaan yang tidak menguntungkan ini.

Belum lagi salah satu situs saya yang pengunjungnya menggila puluhan ribu visitor (up to 17 ribu!) setiap harinya gara-gara pake plugin dan script aneh-aneh. Saya pun di-ultimatum upgrade ke VPS (Virtual Private Server) atau segera akan ditendang, apa daya, saya pun meng-optimasi script dan dan men-disable plugin yang memberatkan, ya yang STT2, SEO Booster Pro, dan lainnya. Hehe. Maaf  om hosting, gak lagi-lagi :)

Dengan bantuan dan kesabaran pak Yohanes dari hostingceria.com, 3-4 hari pengunjung situs baru normal pulih, dan selanjutnya aman terkendali. Untuk Anda yang sedang bingung mencari hosting dan domain,  hostingceria saya rekomendasikan untuk Anda dengan after sales terbaik.

Untuk Anda yang mau pilih layanan web hosting, sebaiknya pilih yang sudah kredibel, jangan percaya embel-embel unlimited, dan jika Anda tidak familiar dengan layanan web hosting, ini mungkin bisa membantu :

Shared Web Hosting
Pada prinsipnya layanan shared web hosting menggunakan sumber daya server secara bersama-sama dengan kata lain didalam satu server terdapat banyak website. Lebih mudah dipahami ibarat rumah, di dalamnya terbagi kamar – kamar yang bisa digunakan. Layanan ini paling banyak penggunanya, selain harganya yang relatif murah pengaturannya pun tidak serumit layanan lain. Kelemahan layanan ini, karena berbagi dengan pengguna lain maka mau tidak mau Anda dilarang keras  untuk membebani kinerja server. Tidak perduli bandwith yang Anda miliki sangat besar, jika membebani server Anda tetap akan ditendang alias di-suspend. Makanya layanan Shared web hosting tidak disarankan untuk situs bertraffic tinggi.

Virtual Private Server (VPS)
Layanan Virtual Private Server (VPS) atau dikenal juga dengan nama Virtual Dedicated Server (VDS) adalah layanan server virtual yang memungkinkan Anda mempunyai fitur pendukung tambahan untuk menjalankan sebuah website, layaknya memegang sebuah server sendiri. Fitur pendukung tambahan disini meliputi akses ke root dan beberapa script yang tidak bisa dijalankan pada layanan shared hosting. Analogi virtual server ini layaknya sebuah server yang mempunyai server lagi di dalamnya tapi tidak secara fisik. Kelebihan VPS ini selain adanya fitur pendukung yang tadi juga sangat cocok buat yang mempunyai website dengan traffic menengah dengan budget terbatas.

Reseller web hosting
Layanan yang memungkingkan pengguna mempunyai web hosting sendiri dengan membagi layananya kepada pengguna yang lain. Reseller web hosting ini bisa pengguna Shared web hosting atau VPS yang menjual kembali paket layanannya sesuai ketentuan dan konfigurasi dari penyedia web hosting. Dengan kata lain reseller web hosting ini ibaratnya menyewar kamar yang besar kepada pemilik rumah kemudian membaginya dalam blok-blok kamar dan menyewakannya lagi. Catatan : Ini yang rentan kabur seperti pihak Hostgokil.

Dedicated Server
Layanan Dedicated Server merupakan layanan hosting yang memberikan pengguna akses penuh ke server atau pengguna dapat menggunakan dan mengontrol server secara penuh tanpa mengangu aktivitas pengguna lain. Namun pengguna tidak mempunyai server secara fisik, istilah lainnya pengguna hanya menyewa server fisik kepada pihak web hosting.

Colocation Server
Layanan Colocation Server merupakan layanan yang paling mahal di antara layanan lainnya. Pada jenis layanan ini pengguna menggunakan perangkat server sendiri dan menyewa tempat server pada data center pihak web hosting. Selain itu pengguna juga membayar hal-hal  yang mendukung berjalannya server seperti  listrik, koneksi Internet pada server, dan sebagainya.

Jadi setelah mengetahui jenis layanan yang banyak ditawarkan pihak penyedia web hosting, bagaimana menentukan layanan yang tepat untuk website Anda yang akan dibangun, Kuncinya kembli kepada tujuan website Anda dan banyak atau tidaknya pengujung situs Anda. Jika pengunjung situs Anda < 1000 pengunjung per-hari saya kira, layanan shared web hosting saja sudah cukup. Anda masih pake blogspot? Ayolah, domain TLD (.com, .net, .info) 80 ribuan, plus webhosting setahun 200ribuan sudah cukup. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan.


BACA TULISAN MENARIK LAINNYA :

Komentar:


6 Komentar di “Memilih Layanan Web Hosting yang Cocok untuk Anda”

  1. eser says:

    Memang harus hari-hati jika kita ingin menyewa hosting iix… Untungnya hosting yang saya sewa baik-baik saja hingga saat ini, ngga pernah bermasalah

  2. Zul Ihsan says:

    Ane mau tanya Gan.
    Klo pengunjung situs < 1000 pengunjung/hari, kira2 kapasitas sama bandwidth hosting yang diperlukan berapa ya Gan? :bingung
    Ane udah ngebet pengen punya domain sendiri nih… :angel
    Thanks sebelumnya Gan… :thanks2

    • Amru Sahmono says:

      Untuk visitor (unik) kurang dari 1000 per hari Kapasitas Disk 100 MB dengan Data Transfer per bulan 10 GB per bulan masih cukup, cuma 100.000 per tahun di HostingCeria dengan paket Hosting IIX “Value”, ada baiknya tambah Kapasitas Disk yang 250 MB saja alias “Starter” – langsung aja ke HostingCeria di Menu – WebHosting – Shared Hosting. Pilih sesuai kebutuhan aja :shakehand

  3. Zul Ihsan says:

    Klo di hostingceria, bagusnya pake server IIX ato USA Gan? Bingung lagi nih… :bingung

    • Amru Sahmono says:

      tergantung situsnya, kalau konten bahasa indonesia pake server iix aja, tapi kalau mau maen adsense atau lainnya (monetisasi blog) pake server US lebih rekomendasi

Beri Komentar

[+] kaskus emoticons nartzco