Twitter
LinkedIn
RSS
Facebook

Optimisasi Penempatan Script Google Adsense

About

I am a full Time Internet Marketer. I do enjoy all the money making online activities. I am interested in Neuro Linguistic Programming and Gardening in my spare time. Follow me on Twitter - @mramru

Mengapa Adsense selalu ngasi recehan mlulu?. Kalo Anda sedang dalam kondisi seperti itu, maka ini beberapa tips yang bisa Anda implementasikan.

Bid Position (atau posisi berdasarkan bidding yang dilakukan oleh pengiklan) adalah hal yang menentukan mahal tidaknya sebuah klik.

Advertiser pada bid teratas, itu berarti dia berani membayar paling mahal. Tetapi kebanyakan advertiser dengan bid paling besar ini, malah kita letakkan di bagian-bagian halaman yang paling tidak terlihat.

Google membaca halaman situs kita mulai dari atas halaman, lalu kebagian kiri, kemudian baru mengarah ke kanan. Seperti ini :

Adsense meletakkan iklan dengan HARGA TERTINGGI pada script Adsense pertama yang dibaca, Jadi apabila Anda meletakkan 1 buah adsense di header, maka adsense di header itulah yang mempunyai iklan tertinggi.

Apabila kita mengetahui hal ini, maka sudah pasti kita akan menempatkan Adsense yang mempunyai bidding tertinggi pada tempat yang strategis. Sayangnya, kebanyakan orang akan menempatkan iklan tersebut dengan sistem seperti ini :

Pada gambar diatas, Adsense dengan bidding tertinggi diletakkan pada header (karena script Adsense pada header adalah script yang pertama dibaca Google).

Google mencari lagi script Adsense, dan membaca bahwa ada Adsense dibagian kiri bawah situs itu. Karena itu Google meletakkan bidding dengan harga rata-rata dikiri bawah tersebut, dan akhirnya Adsense akan meletakkan iklan dengan bidding rendah di bagian content di sebelah kanan site tersebut.

Penempatan iklan pada situs tersebut adalah penempatan yang kurang maksimal, kenapa ?, karena pada bagian CONTENT yang paling besar rasio dikliknya. Google hanya akan memunculkan iklan dengan nilai bidding yang rendah. Sedangkan iklan dengan bidding tinggi dan rata-rata diletakkan di bagian header dan sidebar yang kecil rasio kliknya.

Bidding tinggi + rasio klik kecil = recehan
Bidding normal + rasio klik rata-rata = recehan
Bidding kecil + rasio klik besar = recehan

Sudah tau sebabnya alasan mengapa selama ini Adsense cuma bisa ngasih recehan di situs Anda?

Tidak ada yang salah dengan mendapatkan recehan. Tapi kenapa harus receh kalau bisa langsung dollar ASLI-nya?

Berikut screenshot lain yang akan saya berikan :

Dari gambar diatas, kita bisa lihat bahwa iklan dengan bidding tertinggi diletakkan dibagian sidebar atas, yang mempunyai rasio klik cukup besar. Dan iklan dengan bidding rata-rata diletakkan di bagian kanan diatas content, sedangkan iklan dengan bidding rendah diletakkan di bagian bawah situs.

Gambar diatas menunjukkan sebuah situs yang mempunyai penempatan iklan yang cukup bagus. Dengan penempatan seperti ini, setidaknya kita akan mendapatkan beberapa klik bernilai $1 atau lebih. Cukup menggiurkan ?

Kalau begitu Anda harus lihat screenshot terakhir ini, dimana penempatannya adalah penempatan yang maksimal.

Seperti yang Anda lihat, Adsense dengan bidding tertinggi dan rata-rata diletakkan dibagian content, yap !, disini mungkin Anda menyadari, bahwa akan lebih baik meletakkan sidebar disebelah kanan daripada disebelah kiri. (tidak selalu begitu, tapi bagi kebanyakan kasus saja)

Bidding tinggi + rasio klik tinggi = $$$
Bidding normal + rasio klik tinggi = $$$
Bidding kecil + rasio rata-rata = $$$

Dengan mengetahui hal ini, kita bisa menentukan bagaimana penempatan Adsense yang benar di situs kita, bagaimana memaksimalkan iklan yang muncul di situs kita, dan bagaimana caranya mendapatkan lebih banyak dari yang selama ini sudah kita dapatkan.

Saya pribadi, lebih suka mendapatkan 10 klik yang masing2 bernilai $1, dibandingkan dengan 100 klik yang masing2 bernilai $0.1

Karena menurut saya lebih mudah meningkatkan 10 klik, menjadi 100 klik (dengan penambahan traffic), daripada meningkatkan 100 klik menjadi 1000 klik (dengan penambahan traffic).


BACA TULISAN MENARIK LAINNYA :

Komentar:


2 Komentar di “Optimisasi Penempatan Script Google Adsense”

  1. [...] bagaimana optimalnya penempatan iklan sudah dijelaskan disini. Namun banyak sekali situs yang iklannya acak-acakan. Haha. Anda tahu tujuan [...]

  2. trims…. artikel menarik, ane pernah baca trik ini di http://premiumblackhat.com , kaykanya sama deh !!

Beri Komentar

[+] kaskus emoticons nartzco