Twitter
LinkedIn
RSS
Facebook

Pelanggaran Domain Trademark dan Daftar Domain yang Tidak Disarankan Didaftarkan

About

I am a full Time Internet Marketer. I do enjoy all the money making online activities. I am interested in Neuro Linguistic Programming and Gardening in my spare time. Follow me on Twitter - @mramru

Salah satu tantangan menjadi affiliate (khususnya di Amazon) adalah menghadapi pelanggaran hak cipta domain trademark. Jika situs Anda muncul di halaman pertama google dan orang-orang kebetulan menemukan situs Anda, orang-orang (calon pemberi) pikir situs Anda itu authorized distributor atau semacamnya. Jika Anda membuat situs yang memiliki pola [Nama Manufacture/Brand] [Nama Niche/Produk/Model/Nomer Seri], contohnya MESINCUCIKUCINGGARONG.com (mis : mesin cuci = nama produk ; kucing garong = nama domain) Anda harus berhati-hati dalam hal ini. Apalagi sudah menyita waktu Anda untuk membuat desain situsnya, men-SEO-kannya, sudah sampe halaman satu google, dan bahkan situs tersebut sudah menampakkan earning. Dan apa selanjutnya yang akan terjadi?

Bisa jadi suatu waktu Anda menerima email (surat cinta) komplain dari yang namanya pengacara/Lawyer, Chief Legal Officer, Brand Protection Specialist, Legal Affairs, Community Trademark atau apapun namanya itu dengan subyek email UDRP Complain, ACPA Lawsuit atau semacamnya. Bagi yang mendapat surat cinta ini, pertama Anda harus tenang, jangan panik. Pelanggaran Domain Trademark

Biasanya, mereka akan meminta domain itu di non-aktifkan dan diserahkan kepada mereka. Jika Anda beruntung, bisa jadi segala konsekuensi biaya termasuk biaya pembuatan domain akan diganti (seringnya sih tidak diganti). Ancamannya, kalo dalam beberapa hari tidak ada tanggapan, akan ditempuh jalur hukum, biasanya hanya pengadilan virtual. Beberapa pemegang domain tersebut ada yang agresif, mereka akan langsung mengontak yang berwenang/ panel arbitrase (WIPO) dan merekan akan meng-lock domain Anda tersebut, membuka paksa whois protection Anda (informasi pemilik domain), dan lainnya. Ada juga yang tidak begitu agresif, bahkan ada juga yang membiarkan Anda tetap dapat menggunakan domain tersebut.

Ada solusi untuk menon-aktifkan (disable) saja, ada pula yang disuruh untuk mentransfer domainnya, atau hal terburuk yang bisa mereka bisa lakukan adalah mereka akan mengontak web hosting / perusahaan nama domain yang pegang nama domain ini (eNom/ICANN) untuk meminta penghentian atau ambil alih langsung domain Anda.

Berikut daftar yang saya dapat dari pengalaman teman-teman dan pengalaman sendiri tentang domain tradermark yang agresif:

  • LEGO
  • Epson
  • Angelcare (Angel care)
  • Apple
  • Bissel
  • Etsy
  • Hasbro
  • Leapster
  • Lite Sprites
  • Amazon (dan mispellingnya) – untuk affiliate amazon
  • Kindle – baca tentang Proprietary Terms Amazon disini, lihat poin (f) ; (g) ; (h)
  • Ciax Blender
  • Karito Kids
  • GoPro (GoPro Helmet, GoPro Camera)
  • Britax (pernah saya abaikan saja)
  • Fissler
  • Festool
  • AEG (Electrolux)
  • Boss
  • Sony
  • Nokia
  • Klub sepakbola (cth : FC Bayern) – surat cinta langsung dikirim ke rumah, mantap nih bro!
  • Swarovski
  • dll (list akan di-update)

UPDATE (Januari 2012)

  • Thomas Sabo
  • Bommel
  • Barclays
  • Bodum
  • Mag Lite
  • Imagine Fashion

**thanks buat teman-teman untuk tambahan list-nya**

Untuk beberapa kasus, Anda bisa saja bukan dikirim oleh pemegang nama domain tersebut, tetapi si pemegang merk melapor ke Amazon dan kemudian menindaklanjutinya dengan mengirim surat cinta ke Anda seperti contoh kutipan di email tersebut :

“We are contacting you regarding your use of the domain MESINCUCIKUCINGGARONG.com. We remind you of your contractual obligations as an Amazon Associate, which provides, in part, that you do not use your Web site in violation of third party rights.”

Untuk hal ini Anda harus bertindak cepat untuk menghapus pelanggaran yang dimaksudkan oleh Amazon, biasanya dalam tiga hari kerja, atau keanggotaan Anda sebagai affiliate di Amazon akan dihapus dan komisi Anda bisa jadi hangus.

Dalam beberapa forum, hal ini masih saja menjadi perdebatan. Nama pemegang domain merek tidak selalu berhasil dapat menuntut pendaftar nama domain. Sekali-sekali pengen juga sih menghadapi tuntutannya langsung, tapi saya pikir, buang-buang waktu aja sih. Hehe, masa gara-gara $10 dolar-an untuk nama sebuah domain, tuntut-menuntut pake pengacara segala macam. Lain hal kalau earning dari situs contoh tadi MESINCUCIKUCINGGARONG.com sudah menghasilkan sampai ribuan-puluhan ribu USD, mungkin bisa diperjuangkan. Yang harus Anda pikiran apakah nilai domain tersebut sebanding dengan waktu dan pikiran Anda untuk mengurus masalah domain tersebut.

Berikut kutipan dari sebuah artikel tentang pemegang tradermak nama domain/merek dagang VS pendaftar nama domain.

“A domain name registration of another’s trademark or incorporating that trademark into a domain name does not always mean a trademark holder can successfully sue a domain name registrant for cybersquatting.¬† Domain name registration is still on a first come, first served basis.¬† A domain name registration that is first in time confers rights upon that domain name registrant if you are not a cybersquatter whereby a trademark holder can establish rights that predate the domain name registration. “

Bisa Anda baca detailnya disini.

Yah dari sini, Anda bisa menghemat waktu Anda untuk menghindari domain-domain yang memiliki tradermark tersebut. Untuk membalas email kepada pengacara tersebut, saya share lengkap di sekolah.in, termasuk bagaimana negosiasi untuk mendapatkan ganti rugi dari pihak penggugat. Hasilnya? 80% pengalaman saya berhasil, dengan salah satu syarat Anda harus cepat merespon, komunikatif  dan menunjukkan itikad baik dengan membalas keberatan dan komplain mereka.

Terserah Anda mau modifikasi kembali, yang penting maksud yang ingin Anda sampaikan berhasil. Kalau masih sering dapat surat cinta, mungkin Anda perlu menanankan lebih banyak Backlink Gaib ini bro. Hehe. Ini hanya sebagian kecil dari pengalaman saya dan dari berbagai sumber, mungkin teman-teman ada yang mau menambahkan daftarnya atau pengalamannya.


BACA TULISAN MENARIK LAINNYA :

Komentar:


41 Komentar di “Pelanggaran Domain Trademark dan Daftar Domain yang Tidak Disarankan Didaftarkan”

  1. hadi wibowo says:

    kalo domain indo, pernah punya pengalaman gak suhu??
    misal. detikgarong.com atai kompasgerandong.com?? :)

    • Amru Sahmono says:

      ga pernah dengar atau ekspose kasus untuk pelanggaran merek dagang khusus domain indo, tp pada intinya kalo merek dagang biasanya sdh terdaftar di departemen yang mengurusi hak kekayaan intelektual dan sudah memiliki legalitas dalam merek mereka.

      dan domain tdk digunakan untuk “bad faith use” – penjelasannya disini

  2. gugun says:

    kl misalnya di depannya / belakang di tambahin kata2 boleh g mas?
    ky misalnya legotoys.com gt?

    • Amru Sahmono says:

      ditambahin sufiks apapun kata-kata LEGO setau saya kemungkinan besar dapat surat cinta itu bro, mending promosiin yang laen aja

  3. firdana says:

    Mas, bagaimana kalo digunakan untuk subdomain. karena saya ada beberapa pake subdomain contohnya http://samsunggalaxytab.store7.co.uk ????

    • Amru Sahmono says:

      bisa baca update operating agreement amazon, dan saya temukan ada larangan untuk menggunakannya dalam sub-domain.

      kalau saya jadi anda, saya tidak akan ambil resiko untuk domain trademark dijadikan sub-domain

  4. pramuda says:

    Mas aku punya domain yg ada brand merek tertentu, tapi bukan trademark yg dilist diatas. Earning amazonnya lumayan. Apakah berbahaya atau tidak? karena aku cek ada domain yg sama seperti punyaku cuma extentionnya beda, aku dapatnya yg com, mereka org dan net. Dan usia domain mereka jauh lebih tau dari saya, punya saya baru sekitar 5 bulan mereka dah 2 tahun lebih. Mereka juga main amazon dan adsense.

    balas ke emailku juga ya mas

    • Amru Sahmono says:

      kalau belum ada peringatan, lanjut aja, tapi kalau sudah ada peringatan dari lawyer namun diabaikan, bisa jadi si pemegang merek lapor ke amazon, dan anda mungkin tahu kelanjutannya

  5. wah domain Amazon ane kudu segera di remove nih sebelum terlambat
    tengkiu mas

  6. ican says:

    iya.. bener bgt gan… beberapa tmn2 yg maen amazon dan menggunakan lego pada domainnya dpt email dari pengacara lego buat menonaktifkan atau menyerahkan domain tersebut. Makasih buat listnya… hrs tambah hati2 nih..

    • Amru Sahmono says:

      LEGO itu mereka cepat sekali tau kita pake domainnya..mungkin kita bisa kasih saran untuk pihak godaddy atau namecheap agar bisa langsung bisa nge-filter kalau kita mau daftarin domain LEGO, biar gak kena jebakan betmen :D

  7. Zainuddin says:

    Mo nambahin aja bos, ane baru aja dapat surat cinta gara2 pakai merek thomas sabo dan bommel.. Mungkin bisa dimasukan di list biar teman2 lainnya bisa lebih berhati2..

  8. Akang says:

    Ternyata banyak yg bernasib sama dengan saya :D
    Sekitar 3 hari yg lalu saya dapet surat cinta dari Pengacaranya Barclays :))

    Tengkiuw buat pencerannya Mas

  9. khamamah says:

    matur suwun kang suhu atas pelajarannya

  10. juned says:

    Gan, ane mau nambahin juga, BODUM juga termasuk, saya dapat email, thx.

  11. yuzaka says:

    belum ada updatenya bro…?
    blog ane banyak nih yg pake trademark gituan.

    kl dr list ente skrg, blog ane udah 2 yg kena
    Apple ama Sony
    weleh weleh weleh…

    • Amru Sahmono says:

      kalo belum ketauan hajar aja, syukur2 udah ada sales, minimal balik modal :D
      kalo dapet surat cinta, ya langsung nonaktifkan saja.
      untuk sementara list update di kolom komentar dr kawan-kawa kita ini dulu bro.

  12. bebens says:

    mas saya baru mau set domain dengan salah satu merk “acer”, apakah ini termasuk domain trademark dan di larang mas?

    Kalau memang berbahaya saya gak jadi set nya aja, cari aman saja

    terima kasih mas
    salam
    bebens007

    • Amru Sahmono says:

      ada pemegang trademark yang tidak terlalu agresif dengan nama merek mereka, dan merek2 tertentu malah senang kalau ada yang mempromosikan barang dengan merek mereka, tapi sebaliknya merek2 tertentu tidak terima jika ada orang yang menggunakan mereknya karena numpang tenar di merek mereka dan mencari keuntungan pribadi atas merek tersebut

      untuk acer saya belum pernah dengar yang kena

      prinsipnya ga usah terlalu parno, ada jutaan produk di luaran sana yang siap dipromosikan, cari niche anda, merek2 di atas hanya referensi pengalaman saya pribadi dan teman-teman yang share, untuk menghemat waktu dan meminimalisasi terbuangnya energi anda.

      itulah gunanya share, setuju dengan saya bro?

  13. andik says:

    kalau verizon termasuk kagak ya ?

    thanks

    • Amru Sahmono says:

      boss baca komen ane di atas, apakah ada di list di atas? ga ada kan.
      selama belum ada komplain, hajar aja.

  14. anonymous says:

    tambah 1,
    cameraworld

    bbrp jam yg lalu saya dpt surat cinta dari pengacaranya?, bingung nich apa emailnya hrs di reply atao cukup kita disable aja?

    Padahal earning dah mulai keliatan :(

    • Amru Sahmono says:

      pertama tenang dulu, dunia belum berakhir..tarik napas, hembuskan :D

      - masuk ke admin domain registrar ente, nonaktifkan DNS-nya ke default
      - masuk ke cpanel, hapus wordpress situs pada domain tsb
      - reply email mereka, apa yang mereka mau, pokoknya komunikatif aja, kalau bisa minta kompensasi atas apa yang telah ente kerjakan terhadap situs itu, baik ongkos domainnya, jasa SEO-nya, isi kontennya, dan lain sebagainya
      - mudah2an mereka bisa merespon bahwa ente mau bekerja sama, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang

      demikian bro

  15. alice says:

    wah, minggu lalu saya dapet email dari pengacara kohler (merk toilet) di Indonesia, tuh domain udah saya hapus dan saya minta maaf, tapi tuh pengacara malah ngirim file berisi surat beberapa lembar perihal pernyataan permohonan maaf atas pelanggaran tsb, saya disuruh kirim surat tsb ke kantornya dan harus tanda tangan diatas materai agar masalah bisa di selesaikan, tapi saya ngeri karena takut terjadi apa2. Kira2 gimana ya mas? apa harus ditanggapain atau cuekin aja? Moga2 aja ga di perpanjang lagi kasusnya, pusing..

  16. putro says:

    2 hari lalu saya juga dapat kiriman surat cinta hehe..
    kywordnya ini —–UGG———

  17. alienwarereview.com
    alienware termasuk treak mark ngak?

    dilist ngak ada sih, tapi kalo liat di webnya alienware.com, ngak boleh pake domain ada nama alienware.

    gimana nih?

    • Amru Sahmono says:

      alienware itu kan anaknya perusahaan dell (kalo gak salah), dan belum pernah ngalamin bro mengenai domain alienware, kalo merasa ragu, ga usah dipake bro, daripada udah di-develop trus kena warning

  18. Ardi Sentanu says:

    bang komisi dari third party dari perusahaan satu ini kecil banget bang… cm 0.94%. dari $700an cm dpt $7 padahal third party laennya paling kecil 4.6%. Itu gimana bang… perlu tindakan apa bang selain backlink ghaib ala sekin hehehehe.

    makasih bang

    • Amru Sahmono says:

      oh iya? produk apa, kalo minimal aja 4%, mungkin item-item khusus amazon ada yang seperti itu bro..hehe

  19. Dandy says:

    Lapor bro, saya suruh nyerahin 6 domain Lego:D
    Tapi mereka beritikad baik dengan memberikan ganti rugi harga domain.
    Terus nambahin domain trademark
    1. Kickers, saya kena suruh nyerahin ke mereka
    2. Dewalt, saya kena tapi cuman diperangatkan suruh ga dipake aja domainnya.
    Thanks

    • Amru Sahmono says:

      thx bro, domain “kickers” (sepatu) sudah masuk daftar yang perlu diwaspadai
      dewalt (peralatan bor) juga sudah dimasukin
      trims masukannya bro dandy :)

  20. anas lee says:

    wah ud pada advanced amazonnya, saya nubie di amazon bang Amru, baru tahap mau milih nama domainnya aja bingung, ama mau narget keyword biar bisa masuk pejwan. BTW infonya bermanfaat buat nubie kaya saya, tks bang

  21. adeipit says:

    wow mesti berhati – hati kalau begitu ya mas … he …

  22. Tile says:

    Ane kmrn baru dapat surat cinta dr lawyer zynga T.T ane ga liat tuh emAil pas iseng barusan cek email..dah dpt warning 2.. Ane kudu harus gmn nih mas bro..
    Ane mau edit remove segala content nya keburu dah diblok ip ane ga bs buka website nya…
    Untung ada sahabat ane msh ol..ane suruh edit remove semua nya di cpanelnya.. Dan berhasil..
    Ane baru balas email lawyer nya klo segala content dah di hapus isinya..
    Msh h2c nih nunggu balasan email ane dr lawyer zynga

    • Amru Sahmono says:

      ubah aja langsung dns-nya (menjadi default) dari cpanel domain, kalau ada isinya yg penting, bikin backup komplit dari cpanel hosting. paling mereka minta transfer tuh domain, atau klo kt cuekin juga nanti mereka yg hubungi registar langsung, dan otomatis transfer paksa domain zynga tsb. begitulah bro klo make domain trademark, siap-siap konsekuensinya.

Beri Komentar

[+] kaskus emoticons nartzco