Twitter
LinkedIn
RSS
Facebook

Strategi Mengembangkan Brand (Merek) Bisnis Online Anda

About

I am a full Time Internet Marketer. I do enjoy all the money making online activities. I am interested in Neuro Linguistic Programming and Gardening in my spare time. Follow me on Twitter - @mramru

Mengembangkan brand (merek) bisnis online merupakan manuver strategis yang penting untuk membantu pelanggan  mengidentifikasi Anda atau produk Anda dan apa yang mereka perjuangkan. Online branding tidak hanya membantu untuk mudah mengidentifikasi Anda dengan niche tertentu, tetapi juga membantu membangun reputasi Anda.

Brand (merek) bisnis yang sukses bukanlah transformasi yang terjadi dalam semalam melainkan terdiri dari serangkaian strategi online branding dengan melakukan berbagai aktivitas untuk menyampaikan pesan yang konsisten.

Apakah itu distribusi konten, pengiriman artikel atau konsistensi promosi pada pesan dikirim berulang-ulang ke pelanggan. Pesan-pesan tersebut adalah selalu pesan yang berkaitan dengan tema, niche atau tingkat kualitas yang Anda berikan. Seiring dengan waktu, pesan ini akhirnya tertanam di benak konsumen dan pada saat itu pengembangan merek selesai.

Tapi sebelum strategi branding dapat dikembangkan penentuan pertama harus terbuat dari apa sebenarnya merek tersebut. Langkah awal ini sangat penting karena merek bisnis lebih seperti tato, Anda TIDAK BISA hanya bangun dan mencucinya jika Anda tidak menyukainya.

Anda harus tepat sasaran untuk tahu apa yang Anda inginkan pada konsumen untuk mengasosiasikannya dengan produk Anda, dan pada sisi lain, Anda merepresentasikan apa yang Anda coba lakukan untuk memberikan kesan terbaik terhadap yang Anda perjuangkan.

Berikut adalah 5 pertanyaan yang harus Anda jawab, dan jujur, sebelum Anda dapat menentukan strategi apa yang harus brand Anda.

Apa yang Anda Lakukan?

Apa jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan? Misalnya Anda menjual produk penurun berat badan atau Anda menawarkan jasa pemrograman komputer? Apakah produk Anda berupa produk fisik atau produk digital yang dikirim ke  pelanggan? Mungkin Anda menawarkan konsultasi atau nasihat pakar dalam bidang tertentu.

Apakah Anda bekerja dalam pasar ceruk yang jelas atau apakah Anda menawarkan produk atau jasa dalam skala yang lebih luas lagi? Apakah fokus Anda pada rencana jangka pendek atau jangka panjang Anda pasar dalam ceruk ini?
Menentukan apa yang akan Anda lakukan adalah langkah pertama ke arah pengembangan pemahaman lebih lanjut pada merek Anda.

Apa yang Membedakan Anda?

Mengingat produk atau layanan yang ditawarkan, apa yang membuat mereka berbeda atau unik untuk pelanggan dibandingkan dengan produk yang sebanding. Apakah Anda memiliki “unique selling point”  yang Anda bisa tekankan pada strategi branding Anda?

Mengapa Pelanggan Harus Peduli?

Sejauh produk yang Anda tawarkan dan mempertimbangkan setiap keunikan yang dimiliki, mengapa pelanggan peduli dengan apa yang Anda tawarkan? Apakah ada sesuatu tentang apa yang Anda lakukan yang akan membuat perbedaan atau dampak dalam kehidupan pelanggan?

Mengapa Pelanggan Membeli dari Saya?

Dengan asumsi bahwa ada produk sejenis yang tersedia pada apa yang Anda tawarkan, mengapa orang ingin membeli dari Anda? Bagaimana produk Anda memberikan manfaat? Apa yang membuat Anda istimewa atau berbeda dari pesaing Anda? Dapatkah Anda menulis daftar alasan mengapa Anda menonjol? Jika demikian, buatlah daftarnya dan semakin banyak, semakin baik!

Apakah Kekuatan dan Kelemahan Anda?

Adalah penting menilai kekuatan dan kelemahan tentang keahlian Anda di bidang dan kemampuan Anda untuk melakukan bisnis secara profesional dan dapat diandalkan. Ambil sebagai pertimbangan bagaimana hal ini akan mempengaruhi keseluruhan pengalaman pelanggan membeli termasuk setiap kegiatan yang melibatkan layanan pelanggan.

Sekali lagi, dengan mengumpulkan hasil penilaian Anda dalam daftar, akan lebih mudah untuk evaluasi terhadap keseluruhan strategi brand Anda.

Mengembangkan merek bisnis online membuat Anda lebih kredibel dan dapat diidentifikasi dalam niche Anda. Online branding sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan bisnis di internet. Hal ini sangat penting tetapi bahwa sebelum Anda mencoba untuk mengimplementasikan strategi pembangunan merek, Anda PERTAMA perlu menentukan apa merek atau bagaimana seharusnya merek Anda.

Lima pertanyaan yang saya paparkan merupakan kebutuhan yang harus dijawab lebih baik dan harus dapat menjelaskan untuk bagaimana Anda dipersepsikan di mata konsumen. Setelah Anda menentukannya, maka Anda juga akan ditentukan merek Anda.

Pemahaman tentang Online Branding pernah juga ditulis oleh Mas Cosa Aranda. Semoga membantu pemahaman Anda.

“Your brand is created out of customer contact and the experience your customers have of you.”


BACA TULISAN MENARIK LAINNYA :

Komentar:


2 Komentar di “Strategi Mengembangkan Brand (Merek) Bisnis Online Anda”

  1. [...] Read More… Posted in Uncategorized Tags: a-atau-produk, a-dan-apa-, atau-produk, bisnis-online, dan-apa-, membantu-pelanggan, merupakan-manuver, penting-untuk, strategis-yang « Langkah-langkah setelah menjadi member multibisnis.web.id … Jual Paket SUPER LENGKAP Untuk Bisnis Online PLR dan MRR (tidak … » You can leave a response, or trackback from your own site. [...]

  2. [...] Strategi Mengembangkan Brand (Merek) Bisnis Online Anda [...]

Beri Komentar

[+] kaskus emoticons nartzco